ISIS

Liga Arab Berjanji Mengatasi Islamic State

Sekretas Jendral Liga Arab Nabil el-Araby

Sekretas Jendral Liga Arab Nabil el-Araby

Pertemuan para menteri luar negeri Arab di Kairo untuk pertemuan Liga Arab telah bersumpah untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memerangi kelompok Negara Islam sementara setuju untuk bekerja sama dengan semua upaya internasional dan regional.

Apa yang dibutuhkan adalah keputusan yang jelas untuk konfrontasi yang komprehensif, militer dan politik,” kata Ketua Liga Arab Nabil elAraby, pada hari Minggu.

Liga Arab juga mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB mengeluarkan bulan lalu menyerukan negara anggota untuk bertindak untuk menekan aliran pejuang asing, pembiayaan dan dukungan lain kepada kelompok ekstremis Islam di Irak dan Suriah“.

ElAraby mengkritik pertikaian antara negara-negara Arab yang katanya telah menyebabkan lambatnya reaksi oleh Liga 22anggota.

Sementara beberapa negara Arab keberatan membiarkan Liga Arab untuk campur tangan dalam krisis internal mereka, pintu dibuka untuk intervensi asing, termasuk militer,” katanya.

ElAraby juga menyerukan aktivasi perjanjian pertahanan Arab untuk memungkinkan aksi militer bila diperlukan, karena ia menyarankan bahwa aksi militer bisa berlangsung di bawah payung sebuah pakta pertahanan bersama Liga Arab.

Beberapa menteri luar negeri berbicara tentang besarnya masalah yang ditimbulkan oleh Negara Islam/Islamic State di Irak serta kekerasan  yang melanda Libya dan wilayah lainnya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga menyatakan keprihatinannya tentang masalah ini dengan mengatakan ancaman terorisme lokal dan regional negara Arab dan Islam menghadapi harus diatasi.

Presiden Barack Obama menyerukan negara-negara Arab pekan lalu untuk mempertimbangkan aksi militer dan mendukung Muslim Sunni moderat  di Irak dan Suriah sebagai metode dalam menangani IS.

Jet tempur AS terus serangan udara mereka pada pejuang Negara Islam di Irak barat awal pada hari Minggu dalam memperluas kampanye mereka melawan kelompok bersenjata.

Anggota Liga Arab saat ini adalah sebagai berikut:

Bendera Liga Arab

Bendera Liga Arab

http://www.aljazeera.com/news/middleeast/2014/09/arab-league-islamic-state-201497164726900705.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Arab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress